Kok Hostingku Penuh Sendiri..? Tips Bersihin Hosting ala Pemula

Posted at June 30, 2011 by Heri Setiawan on category hosting+domain

Jika antum (kamu) sudah punya hosting dan punya space pas-pas-an, tentu kamu akan merasakan menderitanya kekurangan space. Kadang kamupun akan bingung, kenapa kemaren spacenya masih 50% kok tiba-tiba penuh sendiri..? kenapa..? kenapa..? udah ngubungi yang punya hosting tapi kok orangnya invisible terus..? hehe.. (penyakit CS yang kebanyakan komplain). 😀

Kamu bisa ngebersihin hosting (clean up hosting) kamu dari file-file “sampah” *** dengan cara kek gini (tips pemula, jangan banyak protes ya..!) :
– Buka cpanel kamu, trus pelototin bagian file control manager:
cpanel file control
Disitu ane kasih 2 lingkaran sih, lingkaran yang ke-2 itu optional aja jika kamu pengguna wordpress.

Nah, untuk opsi pertama. Kita bersihin file “tidak penting” dari hosting melalui Disk Space Usage:
clean up hosting
Disitu nampak ada file directory “tmp/analog” dan “tmp/webalizer“. Kamu centang aja trus delete. Setelah itu bakalan muncul pesan konfirmasi untuk meyakinkan kamu apakah kamu bener-bener mau delete filenya. Klik “Yes” aja.. Selesai.

Sekarang untuk opsi kedua, jika kamu menggunakan wordpress:
Masuk ke file manager “File Manager
wordpress error log
Wordpress yang berumur lama akan selalu menyimpan log pada file yang bernama error_log.txt. Ane pernah nemuin file error_log.txt yang berukuran ratusan Megabytes, bayangin kalo hosting kamu kurang dari 1G… apalagi cuman 100M aja.. :lol:. Udah, libas aja itu file, beres….

*** Note: Secara umum directory “tmp” digunakan untuk keperluan “log“, file ini bisa dipake untuk keperluan analisa maupun log history dari website kamu. Selamat bersih-bersih hosting… 😀




Tulisan terkait Kok Hostingku Penuh Sendiri..? Tips Bersihin Hosting ala Pemula